Sabtu, 17 Maret 2012

cara membuat danbo (tutorial)

Nama Danbo sebenernya singkatan dari Dan Board. Boneka ini hasil kreasi dari Azuma Kiyohiko, seorang komikus. Danbo merupakan boneka kertas mirip manusia yang ukurannya 7cm dan 13cm.
Uniknya boneka ini bisa digerakkan secara manual kaki, tangan dan kepalanya. Di Jepang boneka Danbo ini diproduksi oleh sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi tinggi di setiap persendian boneka Danbo ini sehingga boneka ini dapat bergerak dengan luwes.
Dan harganya juga sangat menarik, hanya 5000 Yen, yaa sekitar Rp 500.000,- wkwkwkwk….
 
 
 
 
 
Gimana cara bikinnya?
1.Siapkan kertas karton, gunting, spidol, dan perlengkapan tambahan yang lainnya
2.Gambar bentuk dan gunting sesuai contoh di bawah ini
 
 
 buat agan2 yg pengen buat danbo sendiri bisa lewat cara papercraft alias kerajinan tangan..
murah meriah gan..

pertama2 donlot blueprint nya (cetakannya gan).. hehehehe sorry ga tau bahasa yg benernya ;p
==>> polos , link http://www.mediafire.com/?1m5hmzdztmz
==>> warna , link http://www.mediafire.com/?zyjmwgny13m ==>> pake yg ini aja gan lebih tebel gambarnya..

terus donlot ini gan : tutorial merangkainya..
http://www.mediafire.com/?4g1gmjxmyt4 ==>> bahasa inggris yah gan, aslinya bahasa jepang



kalo pake kertas biasa susah n gampang ancur tuh nantinya,
ane pake kertas buat jilid cover jd lebih tebel.. ga usah gambar2 lagi, hasil print dari blueprint tadi bawa ke tukang fotocopy minta di copy ke kertas buat jilid cover..
kebetulan waktu ane motokopi kertas jilid cover yg coklat abis, jadi ane minta di copy ke kertas jilid yg warna kuning sama biru.. (yg biru belum dicoba dibuat..)
tinggal siapin deh lem kertas(yg agak kuat kalo buat kertas cover), gunting, cutter, selotip(siapa tau perlu)...
Spoiler for foto::



ini hasilnya gan.. lumayan kan, kuncinyha harus sabar dan telaten.. hehehe

Spoiler for foto::


Spoiler for foto::


Spoiler for foto::



anak ane suka banget nih gan sama danbo buatan bapaknya..
maaf yah nak, ayah belum bisa beliin yg asli... hehehehehee...
Spoiler for foto::


semoga bermanfaat.. seenggaknya lumayan mengisi waktu luang sambil nunggu siaran langsung piala dunia.. ;p

kasih rate bintang 5 yah ..
kalo berkenan cendolnya gan... hehehe
piisss ah...

pertanyaan umum :
Quote:
Original Posted By Asdafogh
biar tangannya gerak gimana gan ?


kan itu ada tutorialnya bro.. ==>link

awalnya ane bingung juga, tapi setelah diikutin step by step ternyata berhasil
intinya di pangkal tangannya itu dibuat semacam engsel kaya engsel pintu..
sama juga buat bagian lehernya, jadi bisa ngangguk2 sama geleng2..

ini ane sketsa-in caranya kira2 kayak gini :
(maaf gambar n tulisannya jelek..;p)
Spoiler for sketsa:


semoga berhasil...
 
 

10 komentar:

SASTRA REMAJA 11 mengatakan...

Pengen coba ah. hehe
Lumayan buat koleksi. :)

stepanus hartanto mengatakan...

Mantab gan. ijin mempelajari buat murid SD ibu saya

iyang mengatakan...

lucu danbonya....

me mengatakan...

bgus gmbrnya but q ngti buatnya
thks ea
:)

and mengatakan...

pingin buat :(

tp kok ribet ya

Arief YAW mengatakan...

yang kepala gimana gan?

vitho mengatakan...

ada ukuran nya ya gan????,, kalo ada kasi ya

vitho mengatakan...

ada ukuran nya ga???? kalo ada kasi dong

nonambex alahilah mengatakan...

maaf gan dan sista udah jarang geblog hehehe,,,
tuh baca aja gan semuanya ada kok di situ heheheh

Rina Fitriani mengatakan...

lumayan buat koleksi dan isi hari libur :D

Poskan Komentar

monggo di comment blogger

 
@nonambex nonambex | Blogger jepara by mbex alahilah - jepara bloger | nonambex